ASUS Perkenalkan Motherboard dan Kartu Grafis BTF dengan Konektor Tersembunyi

0
36

ASUS mengumumkan kehadiran ekosistem ROG BTF dan TUF Gaming BTF White yang masing-masing didesain untuk menyembunyikan kabel sehingga para perakit mendapatkan tampilan PC yang bersih dan tertata rapi di beragam kondisi. Inovasi ini diwujudkan melalui konektor PCIe daya tinggi pada kartu grafis yang kompatibel dengan slot daya tinggi kartu grafis pada motherboard BTF.

BTF vs Advanced BTF

Ekosistem komponen BTF ASUS memberikan beragam opsi rakitan PC dengan konektor tersembunyi kepada pengguna. Dengan kombinasi chassis BTF dan motherboard BTF seperti TUF Gaming B760M-BTF WiFi D4, pengguna dapat menyembunyikan semua kabel yang terhubung langsung ke motherboard, misalnya kabel pemasok daya ke motherboard, penyambung drive SATA 2,5 inci, penyambung kipas casing, dan kabel penyambung tombol front panel dan port I/O.

Tetapi, rakitan PC modern yang dibekali kartu grafis bertenaga tinggi memiliki kabel yang lebih beragam. GPU sering kali membutuhkan lebih banyak daya dibandingkan daya yang disediakan slot PCIe x16, sehingga pengguna diharuskan menggunakan kabel daya PCIe. Oleh karena itu, ASUS menawarkan pendekatan Advanced BTF untuk mendukung pengguna yang ingin menyembunyikan kabel tersebut. Motherboard Advanced BTF dilengkapi slot kartu grafis daya tinggi yang siap menyediakan semua daya yang dibutuhkan kartu grafis BTF. Pengguna akan membutuhkan kartu grafis dengan konektor PCIe daya tinggi untuk membuat PC Advanced BTF.

Pilihan kelas atas dengan konektor tersembunyi: ROG Maximus Z790 Hero BTF 

ASUS meluncurkan dua motherboard BTF terbaru yang dibekali dengan konektor tersembunyi, salah satunya ROG Maximus Z790 Hero BTF yang canggih. Dari segi desain dan spesifikasi, motherboard premium ini memiliki benyak kesamaan dengan ROG Maximus Z790 Dark Hero. Seperti halnya Dark Hero, motherboard ini memiliki corak bayangan, panel lapis baja, dan heatsink VRM yang besar. Pencahayaan Polymo pada shroud I/O menyempurnakan semuanya dengan menghadirkan aksen yang sempurna. Susunan mikrostruktur cahaya dan warna ini dilengkapi dengan dua lapisan pencahayaan RGB yang bekerja sama untuk menampilkan desain ROG yang berkilau.

Terlepas kemiripan dari motherboard tersebut, keduanya terlihat sangat berbeda dengan adanya konektor dan header yang tidak terlihat. Elemen lapis baja ROG Maximus Z790 Hero BTF kini diperpanjang hingga ke sudut bagian bawah rakitan. Tepinya lebih mulus dan terlihat jelas. Fitur diagnostik Q-Code dan Q-LED yang menunjukkan status sistem menjadi lebih mudah terlihat karena sekelilingnya lebih rapi. Bagi setiap perakit yang menganut prinsip desain sederhana lebih bagus, ROG Maximus Z790 Hero BTF adalah terobosan besar.

Sebagai salah satu motherboard ROG Z790 terbaru, ROG Maximus Z790 Hero BTF menawarkan serangkaian fitur yang canggih. Slot PCIe 5.0 x16 yang ada siap untuk grafis terbaik kini dan masa depan. Selain itu, motherboard ini juga memiliki slot kartu grafis berdaya tinggi yang memungkinkan pengguna memasang kartu grafis BTF. Konektor dual Thunderbolt 4 pada rear panel siap mendukung periferal berkecepatan tinggi generasi terbaru, sedangkan audio ROG SupremeFX 7.1 yang dipasangkan dengan ESS ES9218 Quad DAC untuk koneksi front-panel menghadirkan audio gaming yang jernih dan jelas, apa pun headset atau speaker yang dipakai. Di sisi lain, konektor USB 20Gbps menghadirkan koneksi bandwidth yang tinggi ke port USB Type-C yang ada di front panel.

ROG Maximus Z790 Hero BTF siap dipasang dengan prosesor Intel terbaik karena dibekali voltage regulator module dengan 20 + 1 + 2 power stage yang masing-masing dinilai untuk menangani arus hingga 90 amp. Setiap power stage memiliki output hingga 90 ampere dan masing-masing power stage mengirimkan daya yang paling bersih ke prosesor, bahkan di bawah beban tertinggi.

Dukungan M.2 yang luas pada ROG Maximus Z790 Hero BTF memberikan opsi kelas atas kepada pengguna untuk membangun sistem penyimpanan yang cepat dan luas. Selain itu, slot PCIe 5.0 M.2 onboard memungkinkan pengguna memasang salah satu drive tercepat yang ada di pasaran, sedangkan empat slot PCIe 4.0 M.2 tambahan mendukung pengguna untuk melengkapi perangkat penyimpanan yang ada dengan drive tambahan.

ROG Maximus Z790 Hero BTF memberikan opsi jaringan kelas atas kepada pengguna. Dukungan WiFi 7 dapat mengakses jaringan nirkabel generasi terbaru saat pengguna memasangkan motherboard ini dengan router WiFi 7. Bagi pengguna yang lebih menyukai koneksi kabel, port Ethernet 2,5 Gbps juga disediakan dengan bandwidth yang lebih tinggi.

Terakhir, ROG Maximus Z790 Hero BTF menawarkan salah satu inovasi DIY-friendly terbaru ASUS, yaitu PCIe Slot Q-Release Slim. Dengan mekanisme ini, pengguna tidak perlu merasa kesulitan dalam melepaskan pengait atau bahkan menekan tombol untuk melepaskan kartu grafis mereka dari slot. Pengguna hanya perlu memiringkan kartu ke arah mekanisme penguncian agar kartu dapat terlepas secara otomatis dari slot PCIe. Mekanisme ini membuat proses upgrade dan perawatan menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Motherboard BTF dengan aksen putih yang menonjol: TUF Gaming Z790-BTF WiFi 

Saat ini, banyak perakit PC yang menyukai tampilan rakitan bertema putih yang berkelas dan bersih. ASUS telah menawarkan jajaran periferal, monitor, casing, kartu grafis, pendingin AIO, dll dengan warna putih, kini ASUS siap untuk menambahkan motherboard BTF bertema putih ke dalam jajaran produknya. Oleh karena itu, ASUS memperkenalkan motherboard WiFi TUF Gaming Z790-BTF.

Tampilan warna yang mencolok antara PCB hitam premium dengan shroud dan heatsink putih membuat motherboard ini berbeda dari yang lain. Desain konektor tersembunyi memungkinkan peningkatan dan perluasan heatsink M.2, sehingga pengguna mendapatkan pendinginan yang baik pada SSD sekaligus tampilan rakitan yang mengesankan. Bahkan ASUS WiFi Q-Antenna dibekali dengan lapisan berwarna putih untuk memastikan rakitan PC memiliki tampilan yang serasi.

Para perakit PC mempercayakan motherboard TUF Gaming dalam menghadirkan fitur gaming yang hebat, desain yang tangguh, dan performa yang dapat diandalkan. TUF Gaming Z790-BTF WiFi dilengkapi solusi daya yang ditingkatkan dengan power stage 16+1+1, PCB enam lapis, soket ProCool, choke alloy, serta kapasitor yang tahan lama untuk menghadirkan pengiriman daya yang stabil. Motherboard ini juga telah siap untuk prosesor Intel Core Generasi ke-14. Seperti ROG Maximus Z790 Hero BTF, TUF Gaming Z790-BTF WiFi juga siap untuk rakitan Advanced BTF dengan slot kartu grafis berdaya tinggi yang siap menyalurkan daya pada kartu grafis BTF.

Dukungan WiFi 7 meyuguhkan jaringan nirkabel generasi berikutnya kepada pengguna melalui router yang kompatibel, sedangkan port Ethernet Intel 2,5 Gb menyediakan koneksi kabel berkecepatan tinggi. Pengguna akan menemukan port USB Type-C 20 Gbps bawaan di panel I/O belakang yang akan memberikan kecepatan transfer file luar biasa ke penyimpanan eksternal. Selain itu, sebanyak empat slot PCIe 4.0 M.2 mendukung pengguna untuk memasang beragam perangkat penyimpanan yang luas dan cepat untuk menyimpan semua game mereka.

Dua opsi chassis untuk rakitan BTF

Sebagian besar komponen DIY PC standar dapat digunakan dengan motherboard BTF. Pengguna tidak memerlukan pendingin CPU, power supply, SSD, atau RAM khusus. Sebaliknya, pengguna akan memerlukan chassis yang kompatibel, karena pengguna tidak dapat mengakses konektor pada motherboard BTF jika menggunakan motherboard tray standar.

Untuk menghadirkan kompatibilitas yang luas, ASUS menawarkan dua opsi. Pertama adalah ROG Hyperion GR701 BTF Edition. Edisi chassis khusus yang telah memenangkan penghargaan ini mengadopsi rangkaian fitur premium chassis asli, kemudian menambahkan bentuk motherboard tray yang dapat dipasang dengan pas, sehingga pengguna dapat mengakses konektor motherboard BTF mereka. Seperti versi standar, chassis ini menawarkan performa pendinginan yang luar biasa dengan dukungan radiator ganda berukuran 420 mm, empat kipas berukuran 140 mm, dan hub kipas internal. Chassis ini juga menawarkan banyak ruang untuk memasangkan kartu grafis yang paling besar sekalipun, sekaligus menyediakan ruang manajemen kabel sedalam 34 mm dengan jalur rute kabel sepanjang 46 mm yang membantu proses perakita.

Untuk memasang motherboard TUF Gaming Z790-BTF WiFi dengan sempurna, ASUS memperkenalkan chassis TUF Gaming terbaru, yaitu TUF Gaming GT302 ARGB. Chassis tipe mid-tower berwarna putih yang memukau ini siap dipakai untuk motherboard BTF serta menawarkan sejumlah peningkatan pendinginan dan fitur inovatif yang dapat menyederhanakan proses perakitan.

TUF Gaming GT302 ARGB dibekali dengan empat kipas ARGB berukuran 140 mm untuk menyediakan aliran udara yang luar biasa. Sementara itu, ukurannya yang sangat tebal, yaitu 28 mm, memastikan aliran udara dan tekanan statis terbaik. Karena akhir-akhir ini banyak perakit yang memilih mengugnakan pendingin CPU cair AIO, ASUS juga meluncurkan fitur baru pada GT302 yang akan menyederhanakan proses pemasangan AIO: Seluruh bagian top panel dapat dilepas sehingga pengguna dapat memasang dan membersihkan radiator dengan mudah.

GT302 juga menawarkan keseimbangan ukuran dan kompatibilitas komponen yang pas. Sebagai chassis tipe mid-size tower, chassis ini tidak membutuhkan ruang meja seluas chassis ROG Hyperion BTF. Meskipun begitu, chassis ini masih dapat mengakomodasi motherboard ATX dan kartu grafis kelas atas beserta solusi pendinginan yang substansial secara nyaman.

Kartu grafis BTF siap bergabung dalam pertarungan

Pengguna dapat menggunakan kartu grafis tradisional atau kartu grafis BTF pada motherboard BTF, karena ASUS telah menghadirkan slot PCIe 5.0 x16 yang dapat digunakan pada GPU apa pun. Meskipun demikian, jika pengguna menggunakan kartu grafis standar, mereka membutuhkan kabel daya yang terhubung seperti biasa serta dapat menonjol keluar dari rakitan konektor tersembunyi. Oleh karena itu, ASUS telah mengembangkan dua kartu grafis BTF: ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF Edition dan TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti SUPER BTF White Edition. Alih-alih menggunakan konektor daya eksternal 16-pin tradisional, kedua kartu grafis tersebut ini memiliki konektor PCIe daya tinggi di bagian bawah untuk transmisi daya – sebuah mekanisme yang sama seperti pada server GPU. (Harap diperhatikan, meskipun pengguna tidak memerlukan kartu grafis BTF saat menggunakan motherboard BTF, jika pengguna membeli kartu grafis BTF, mereka harus memasangnya di motherboard BTF).

Di samping daya tarik desain konektor tersembunyi, konektor PCIe daya tinggi juga menawarkan beberapa keunggulan. Pertama, pengguna tidak perlu khawatir tidak memiliki ruang horizontal yang cukup untuk mencegah kabel daya GPU tidak menekan side panel. Kedua, konektor ini berfungsi sebagai titik pemasangan tambahan pada motherboard, sehingga dapat mengatasi penurunan GPU. Selian itu, pengguna tidak perlu menghubungkan kabel daya karena slot ini dipasang secara tepat saat pengguna memasang kartu grafis.

Konektor PCIe daya tinggi ini cocok dipasang dengan kartu grafis paling bertenaga di jajaran produk ASUS karena dapat memberikan daya hingga 600 watt. Oleh karena itu, ASUS memperkenalkan ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF Edition. ASUS tidak merancang GPU yang dahsyat ini dari awal: GPU ini menawarkan performa ultra-kompetitif yang sama seperti pada ROG Strix GeForce RTX 4090 yang telah dikenal dan dicintai oleh para pengguna. Strix GeForce RTX 4090 BTF Edition menawarkan GDDR6X 24 GB, fitur akselerasi AI NVIDIA RTX 40 Series, solusi pendinginan yang bertenaga dan senyap, serta diecast shroud yang sama, tetapi dengan tampilan yang lebih baik karena tidak dibekali konektor daya eksternal 16-pin yang menggantung di bagian samping.

Untuk rakitan konektor tersembunyi bertema putih, ASUS menawarkan TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti SUPER BTF White Edition. Kartu grafis ini mempertahankan kinerja, pendinginan, dan gaya dari TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti, bedanya TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti SUPER BTF White Edition dibekali konektor PCIe daya tinggi. Kartu grafis ini adalah pilihan yang tepat untuk rakitan BTF serta menghadirkan gaya snowy white yang sempurna untuk melengkapi TUF Gaming Z790-BTF WiFi dan TUF Gaming GT302 ARGB.

Standar baru untuk showcase build

Desain satu arah dengan memperlihatkan beragam komponen motherboard telah mendukung pelanggan ASUS selama beberapa dekade dengan baik, tetapi kini ASUS siap menghadirkan desain dengan pendekatan baru. Para perakit PC telah lama menggunakan beragam cara untuk menjaga kabel mereka tetap rapi. Oleh karena itu, ini lah saatnya ASUS menyembunyikan kabel tersebut sepenuhnya.

Dengan motherboard WiFi ROG Maximus Z790 Hero BTF dan TUF Gaming Z790-BTF WiFi, pengguna memiliki dua opsi konektor tersembunyi berkinerja tinggi yang siap menyederhanakan proses perakitan dan memberikan tampilan PC yang bersih dan profesional. ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF Edition dan TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti SUPER menawarkan gaya yang saling melengkapi dan performa gaming yang luar biasa, sedangkan ROG Hyperion GR701 BTF Edition dan TUF Gaming GT302 ARGB memberikan kompatibilitas yang dibutuhkan pengguna dalam dua pilihan warna yang berbeda.

Gambar dan detail lebih lanjut tentang spesifikasi ekosistem ASUS BTF terbaru dapat ditemukan di halaman Panduan Pembeli Edge Up, atau kunjungi halaman web ASUS BTF untuk melihat tampilan dari setiap seri.

Opsi chassis BTF lebih banyak dari BTF Alliance

Sebangga apapun ASUS terhadap tampilan dan kesan dari ROG Hyperion GR701 BTF Edition dan TUF Gaming GT302 ARGB, kami mengetahui bahwa para perakit ingin memiliki pilihan yang lengkap saat memilih chassis untuk PC berikutnya. Oleh karena itu, ASUS telah bermitra dengan berbagai nama besar dalam industri case PC untuk menciptakan BTF Alliance. Melalui kemitraan ini, pengguna memiliki beragam pilihan case PC yang sepenuhnya kompatibel dengan motherboard ASUS BTF.

Para pengguna dapat melihat opsi-opsi case ini pada kuartal pertama 2024. Pada bulan Januari, Thermaltake, Inwin, dan Phanteks akan memulai meluncurkan beragam case seperti Thermaltake Ceres 330 TG ARGB, Inwin F5, dan Inwin D5. Pada bulan Februari, Cooler Master akan meluncurkan MasterBox 600, dan Corsair akan meluncurkan seri 6500. Selain itu, Silverstone juga berencana untuk meluncurkan SETA A2 series dari beragam case PC yang siap untuk BTF pada kuartal pertama 2024. Selain itu, penggemar produsen be quiet!, Lian Li, dan Aerocool juga akan senang karena semua produsen ini juga akan meluncurkan desain chassis BTF. Nantikan pengumuman mereka dalam beberapa minggu ke depan.

Sedangkan untuk case ASUS, kami menargetkan peluncuran pada awal kuartal kedua tahun 2024. Harap diperhatikan bahwa tanggal peluncuran semua opsi chassis ini dapat berubah. Hubungi masing-masing produsen untuk mendapatkan informasi terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here