Review ASUS ROG Raikiri Pro: Gamepad Berkualitas Tinggi

0
26

Dalam dunia gaming aksesori bukan lagi sekedar pelengkap, melainkan komponen penting yang mendefinisikan pengalaman bermain. Semakin nyaman aksesori yang digunakan, semakin puas pula pengalaman gamer yang menggunakannya.

ASUS mengerti ini dengan sangat baik dan membuktikannya dengan ASUS ROG Raikiri. Gamepad ini bukan hanya sekedar perangkat input biasa, melainkan “jembatan” antara gamer dengan gamenya. Semakin baik pondasi jembatannya dalam hal ini gamepadnya, semakin bagus pula pengalamannya. Pondasi ini adalah inovasi, desain, dan tentunya performa yang baik. Gamepad ini tersedia untuk gamer PC maupun gamer yang memiliki konsol Xbox.

Ada dua produk ROG Raikiri dan saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba ASUS ROG Raikiri Pro. Kehadiran aksesori ini tepat momennya karena dalam beberapa waktu ini banyak game PC yang membutuhkan gamepad untuk pengalaman bermain yang sempurna.

ASUS ROG Raikiri Pro Dari Desain: Menyatukan Bentuk dan Fungsi

Mengambil inspirasi dari gamepad Xbox Pro, body utama ASUS ROG Raikiri Pro terbuat dari plastik berwarna hitam dengan kualitas tinggi. Untuk bagian pegangan dilengkapi oleh plastik dengan tekstur kasar untuk menawarkan kenyamanan dan grip yang optimal. Desain ergonomis ini memastikan bahwa gamepad tidak hanya nyaman di tangan saat bermain game, tetapi juga tetap stabil, dan mengurangi resiko tergelincir.

Berat dari ASUS ROG Raikiri Pro yaitu 330gram. Berat ini tidak terlalu berbeda dengan dengan gamepad Xbox Pro, tapi tetap lebih berat jika dibandingkan dengan gamepad lain. Gamepad ini juga dilengkapi oleh joystick dan D-Pad, memungkinkan pemain untuk memilih gaya bermain yang disukainya.

Jumlah total tombol yang dimiliki oleh ASUS ROG Raikiri Pro adalah 12 tombol. Ada 4 tombol di bagian depan yang menjadi tombol utama. Lalu ada 4 tombol lagi pada bagian bahu gamepad. Tombol terakhir berada di bagian belakang dan juga berjumlah 4 tombol. Pemain bisa mengkostumisasi semua tombol ini untuk disesuaikan dengan game yang dimainkan.

Bagian belakang gamepad juga merupakan tempat penyimpanan dari dongle USB Wireless. Tempat penyimpanan ini didesain dengan efisien dan sudah menggunakan magnet untuk penutupnya. Untuk Konektivitas USB port Type-C berada di bagian atas gamepad. Lalu untuk 3,5mm headphone jack ada di bagian bawah.

ASUS ROG Raikiri Pro membawa sentuhan khas ROG yang ikonik yaitu layar OLED monokrom yang terletak di tengah gamepad. Layar ini bukan hanya untuk estetika saja, tetapi juga fungsionalitas.

Layar OLED ini bisa menampilkan berbagai macam informasi seperti status koneksi, tenaga baterai, dan juga profil pengguna secara real-time. Ini merupakan langkah inovatif yang menggabungkan teknologi dan desain untuk menciptakan sesuatu yang unik di pasar gamepad. Kalian bisa mengatur tampilan yang muncul di layar OLED dengan menekan tombol kecil yang ada di bagian kiri dan kanannya.

Sentuhan khas ASUS lainnya adalah ROG Aura RGB yang melintang pada bagian depan gamepad. Kalian bisa menentukan variasi warna yang muncul dengan menggunakan Armory Crate. Saya hanya menyayangkan logo ROG di gamepad ini tidak bisa menyala dan bentuknya agak samar karena memiliki warna dasar hitam, sama dengan body.

Performa ASUS ROG Raikiri Pro: Responsif dan Terasa Pas Ditangan

Saya menggunakan ASUS ROG Raikiri Pro untuk memainkan game seperti Prince of Persia: The Lost Crown dan Granblue Fantasy: Relink. Dari pengalaman saya, ASUS ROG Raikiri Pro berjalan dengan sangat maksimal. Dibandingkan dengan mouse dan keyboard, saya lebih nyaman menggunakan ASUS ROG Raikiri Pro.

Setiap tombol pada ASUS ROG Raikiri Pro dirancang untuk memberikan feedback yang responsif serta memungkinkan aksi yang cepat dan presisi. Empat tombol Trigger yang berada di bagian bahu gamepad juga terasa pakem ketika ditekan dan sesuai dengan ukuran tangan saya.

ASUS ROG Raikiri Pro juga memiliki fitur trigger stop yang bisa mengatur sedalam apa tombol trigger ketika ditekan. Jika ingin lebih responsif, kalian juga bisa mengatur penggunaan dari empat tombol paddle tambahan di bagian belakang gamepad. Ini akan memberikan keleluasaan bagi kalian dalam mengontrol game serta membuka strategi baru dalam gameplay.

Penggunaan 4 tombol paddle dibelakang diserahkan kepada pengguna. Karena kebetulan saya adalah tipe gamer yang tidak suka ribet, jadi saya tidak menggunakan fitur ini karena sudah cukup puas dengan memakai tombol trigger saja.

ASUS ROG Raikiri Pro menawarkan tiga opsi untuk koneksi. Kalian bisa memakainya dengan cara tradisional yaitu memakai kabel USB-Type C, bisa juga secara wireless dengan dongle, atau secara bluetooth. Gamepad ini memberikan fleksibilitas yang luas untuk berbagai situasi saat sedang bermain game. Koneksi dengan kabel jika pemain ingin bermain secara serius latensi yang minimal. Sedangkan untuk wireless dan Bluetooth menghadirkan kemudahan dan kenyamanan untuk sesi bermain game yang lebih santai.

Untuk urusan tenaga atau baterai, ASUS ROG Raikiri Pro menjanjikan hingga 3 hari pemakaian dengan penggunaan aktif selama 5 jam per hari untuk wireless dan Bluetooth. Ini adalah sebuah prestasi yang mengesankan untuk gamepad wireless. Kalian dapat menikmati sesi gaming panjang tanpa khawatir harus mengisi ulang baterai secara berkala.

Tapi apa yang saya rasakan agak berbeda dengan apa yang dijanjikan. Daya tahan baterai ASUS ROG Raikiri Pro yang saya gunakan untuk review tidak selama seperti yang dijanjikan. Saya harus isi ulang baterai hanya dalam kurun waktu 2 hari saja. Tapi waktu bermain saya lebih lama per harinya yang bisa lebih dari 5 jam.

Kustomisasi Lewat ROG Armory Crate

Melalui aplikasi ROG Armory Crate, ASUS memberikan kekuasaan penuh kepada pengguna untuk kustomisasi. Ini juga berlaku kepada ASUS ROG Raikiri Pro. Melalui Armory Crate kalian bisa mengatur berbagai macam fungsi yang ada di controller.

Mulai dari pembaruan software, pengaturan sensitivitas trigger dan joystick, hingga konfigurasi tombol makro. Semuanya bisa diatur dengan mudah. Kalian bisa menyesuaikan fungsi controller agar sesuai dengan preferensi pribadi untuk meningkatkan efektivitas ketika sedang bermain.

Tidak lupa juga, pengaturan lampu RGB dan layar OLED juga bisa diatur melalui ROG Armory Crate. Kalian bisa membuat controller ini tidak hanya efektif dari segi fungsi, tapi juga beda dari yang lain dari segi estetika. Melalui fitur Aura Sync, kalian juga dapat membuat sinkron antara iluminasi controller dengan perangkat ASUS ROG lainnya.

Kesimpulan ASUS ROG Raikiri Pro

Harga dari ASUS ROG Raikiri Pro membuat gamepad ini masuk dalam kategori aksesori premium. Tapi sesuai dengan harga yang ditawarkan, performa dan estetika yang dimiliki oleh gamepad ini tidak perlu ditanyakan lagi. Kalian akan mendapatkan gamepad dengan kualitas tinggi.

Dengan desain yang inovatif, nyaman dari segi bentuk, kontrol yang responsif, dan kemampuan kustomisasi yang luas, ASUS ROG Raikiri Pro adalah pilihan yang ideal bagi kalian yang menginginkan aksesoris terbaik untuk bermain game.

ASUS ROG Raikiri Pro sudah bisa didapatkan di Indonesia. Gamepad ini dibanderol dengan harga sekitar Rp2 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here