Review Infinix Smart 8 Pro: Desain Premium Harga Terjangkau

0
13

Pada awal tahun 2024 Infinix telah merilis dua smartphone barunya di Indonesia, Hot 40 Series dan Smart 8 Pro. Saya kebetulan mendapatkan kesempatan untuk mereview versi Smart 8 Pro.

Infinix Smart 8 Pro merupakan versi pembaruan dari seri Smart. Smartphone ini sudah mengalami berbagai peningkatan dari segi jeroan yang jelas akan berdampak kepada performa, dan juga kamera untuk fotografi. Intinya Smart 8 Pro akan lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Berikut adalah pengalaman saya selama mencoba Infinix Smart 8 Pro:

Infinix Smart 8 Pro Dari Desain

Hal pertama yang saya lakukan setelah menerima paket smartphone dari Infinix Smart 8 Pro tentu saja adalah membongkarnya. Berikut ini adalah beberapa item yang saya dapatkan dalam box pembelian:

  • Unit smartphone Infinix Smart 8 Pro
  • Kepala charger 10W
  • Kabel data/charger type-c
  • SIM ejector
  • Hard case
  • Buka panduan penggunaan
  • Kartu garansi

Infinix Smart 8 Pro hadir dengan tampilan yang stylish dan modern, menyaingi smartphone lain di segmen yang lebih mahal. Desain yang slim berukuran 163,60 x 75,60 x 8,5mm dan berbobot hanya 189g, memastikan penggunaan tetap nyaman. Infinix Smart 8 Pro hadir dengan variasi warna Timber Black, Shiny Gold, Rainbow Blue, dan Galaxy White, memberikan opsi kepada konsumen untuk memilih warna yang sesuai selera mereka.

Kualitas konstruksi dan bahan yang digunakan oleh Infinix Smart 8 Pro memperlihatkan durabilitas, menjamin ketahanan produk terhadap penggunaan jangka panjang. Desain yang ergonomis membuat smartphone ini nyaman saat digengam dan cocok untuk operasi satu tangan. Aspek ini menambah nilai plus pada portabilitas dan kenyamanan pengguna.

Meski ukurannya pas ditangan, panel di bagian belakang smartphone justru agak licin permukaannya. Saya menyarankan untuk menggunakan casing plastik tambahan yang sudah ada di dalam box agar pegangan bisa lebih mantap.

Bagian samping kanan Infinix Smart 8 Pro merupakan lokasi tombol untuk mengatur volume dan power yang sudah terintegrasi dengan sensor sidik jari. Pada bagian bawah terdapat fitur-fitur yang mendukung semua kebutuhan konektivitas dan audio, yaitu jack audio 3.5mm, port USB Type-C, mikrofon, dan speaker.

Desain bezel yang tegas menambah nilai estetika smartphone ini, sekaligus memperkuat kesan premium. Infinix Smart 8 Pro merupakan perpaduan antara estetika dan fungsi, menargetkan konsumen yang mencari smartphone kokoh dari segi konstruksi dan menarik secara visual.

Untuk bagian belakang, Infinix Smart 8 Pro memiliki modul kamera yang terlihat jelas karena ukuran lensanya yang cukup menonjol, tapi ditata secara apik. Untuk kamera depan, Infinix Smart 8 Pro menggunakan desain punch hole yang menambah kesan mewah serta elegan.

Layar Infinix Smart 8 Pro memiliki lebar 6,6 inci dengan resolusi 720 x 1612 piksel dan rasio aspek 20:9, menyajikan pengalaman visual yang mendalam saat menonton video atau bermain game. Dukungan resolusi Full HD+ membuat setiap detail terlihat jernih dan tajam. Kualitas reproduksi warna dan tingkat kecerahan yang memadai menjadikan tampilan gambar maupun video tampak realistis dan penuh warna. Kecerahan maksimal layar yang mencapai 500 nits juga memastikan layar tetap berfungsi dengan baik meski berada di bawah sinar matahari.

Infinix Smart 8 Pro Dari Performa

Dapur pacu Infinix Smart 8 Pro menggunakan chipset MediaTek Helio G36, prosesor octa-core yang terdiri dari empat inti 2.2 GHz Cortex-A53 dan empat inti 1.6 GHz Cortex-A5, GPU Mali-G57 MC1 dan RAM 8GB. Smartphone ini dikonfigurasi untuk memberikan performa yang efisien dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari dengan mulus. Konfigurasi jeroan ini juga menghadirkan multitasking yang lancar dan pengalaman bermain game yang baik.

Infinix Smart 8 Pro mempunyai kemampuan untuk memperluas RAM virtual hingga 16GB, menawarkan lebih banyak ruang bagi aplikasi untuk berjalan lebih lancar. Ditambah penyimpanan internal sebesar 128GB yang menyediakan kapasitas luas untuk menyimpan aplikasi, foto, video, dan dokumen tanpa khawatir kekurangan ruang.

Saya menggunakan benchmark 3D Mark untuk mengukur performa dari Infinix Smart 8 Pro. Untuk tes Slingshot, smartphone ini berhasil mendapatkan skor 880. Secara kesimpulan performa smartphone ini sudah cukup untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tapi untuk bermain game, smartphone ini mungkin tidak bisa digunakan untuk memainkan semua jenis game.

Salah satu aspek paling menonjol dari Infinix Smart 8 Pro adalah baterai berkapasitas besar yaitu 5000mAh. Dengan kapasitas baterai ini, pengguna dapat menggunakan smartphone dengan durasi yang panjang tanpa perlu sering-sering mengisi daya. Keunggulan ini menjadikan Infinix Smart 8 Pro pilihan yang tepat bagi pengguna yang membutuhkan perangkat yang bisa diandalkan dalam penggunaan intensif sehari-hari.

Dalam uji coba yang saya lakukan, Infinix Smart 8 Pro dapat bertahan hingga dua hari penuh dengan penggunaan yang cukup aktif seperti browsing internet, streaming video, media, dan bermain game.

Teknologi Power Marathon yang terintegrasi dalam Infinix Smart 8 Pro berperan penting dalam mengoptimalkan efisiensi baterai. Fitur ini bekerja dengan cerdas untuk meminimalisir konsumsi energi dengan cara menutup aplikasi yang tidak aktif, mengaktifkan mode penghematan energi saat diperlukan, dan memasukkan aplikasi ke dalam status hibernasi. Ini membuat Infinix Smart 8 Pro berhasil menawarkan keseimbangan sempurna antara performa yang kuat dan efisiensi energi yang optimal.

Infinix Smart 8 Pro dilengkapi dengan sistem operasi Android 13 Go Edition, memberikan pengguna tampilan antarmuka yang ramah. Smartphone ini menawarkan pengalaman yang mulus dan intuitif, memungkinkan navigasi yang mudah dan akses ke berbagai fitur. Salah satu aspek yang mencolok dari software ini adalah tingkat kustomisasinya, memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi perangkat mereka sesuai dengan preferensi.

Selain itu, Infinix Smart 8 Pro juga dilengkapi dengan sejumlah aplikasi pra-instal untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Bagi saya pribadi aplikasi yang tertanam seperti Facebook atau TikTok Lite tidak terlalu mengganggu. Namun bagi beberapa orang, kehadiran aplikasi pra-instal seperti ini mungkin malah dianggap mengganggu. Jadi tergantung kembali kepada penggunanya. Jika keberatan, aplikasi-aplikasi ini bisa langsung diuninstall.

Hal lain yang bisa saya pastikan adalah kehadiran aplikasi pra-instal ini tidak terlalu mempengaruhi tampilan antarmuka Infinix Smart 8 Pro. Tampilan antarmukanya memiliki kesan bersih dan sederhana, namun tetap fungsional karena memudahkan pengguna dalam navigasi. Secara keseluruhan, software yang tertanam di Infinix Smart 8 Pro memberikan keseimbangan yang baik antara kemudahan penggunaan, dan kustomisasi.

Infinix Smart 8 Pro Untuk Fotografi

Infinix Smart 8 Pro dibekali dengan sistem kamera ganda 50MP yang dirancang untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi dalam berbagai kondisi pemotretan. Fitur cerdas seperti mode AI dan mode Portrait memungkin kamera dapat menyesuaikan pengaturannya untuk menangkap momen secara sempurna, baik itu dalam kondisi cahaya terang ataupun pencahayaan rendah. Fitur Stabilizer yang disematkan dalam kamera di smartphone ini juga berperan penting dalam menghasilkan foto yang tajam dan bebas dari efek blur akibat guncangan.

Salah satu fitur menarik dari kamera Infinix Smart 8 Pro adalah kemampuan in-sensor zoom 2x yang memungkinkan pengguna untuk mendekatkan pandangan pada objek dengan tetap mempertahankan kejernihan gambar. Tambahan kamera untuk Potrait 2MP memungkinkan kemampuan menghasilkan efek bokeh, menambah kedalaman pada foto, dan pengambilan gambar dengan latar belakang yang artistik.

Kamera depan 8MP pada Infinix Smart 8 Pro menawarkan kemampuan yang memadai untuk selfie dan jugs panggilan video dengan kualitas gambar yang baik. Ditambah lagi kehadiran fitur AI Beautification yang bekerja secara efisien untuk meningkatkan hasil selfie, membuatnya terlihat lebih alami dan menarik. Beragam mode fotografi ini akan membuat pengalaman memotret menjadi lebih kreatif.

Dengan semua mode fotografi yang tersedia, Infinix Smart 8 Pro mengajak penggunanya untuk lebih bereksperimen dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan kreatif dalam fotografi dan videografi, menjadikan setiap momen yang diabadikan lebih berkesan dan unik.

Infinix Smart 8 Pro Untuk Bermain Game

Performa Infinix Smart 8 Pro untuk bermain game menurut saya biasa-biasa saja. Untuk game dengan grafis yang berat seperti Final Fantasy VII Ever Crisis dan Honkai: Star Rail sayangnya tidak bisa dimainkan dengan smartphone ini.

Tapi untuk game yang lebih ringan seperti Free Fire bisa dimainkan secara maksimal. Saya mencoba memainkan Free Fire dengan tingkat grafis standard dengan Infinix Smart 8 Pro. Hasilnya permainan berlangsung dengan lancar tanpa ada gangguan teknis atau penurunan frame rate. Layar 6,6 inci dari Infinix Smart 8 Pro juga menghadirkan permukaan yang luas dan enak untuk digunakan saat bermain game dengan gaya horizontal.

Kesimpulan

Kesimpulan saya untuk Infinix Smart 8 Pro adalah smartphone ini terbilang nyaman untuk digunakan sebagai daily driver. Chipset MediaTek Helio G36, prosesor Octa-core, GPU Mali-G57 MC1 dan RAM 8GB sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Untuk keperluan fotografi. Infinix Smart 8 Pro juga sudah mendukung. Kehadiran kamera ganda 50 MP yang sudah dilengkapi sensor zoom 2x bisa digunakan untuk membuat foto dan konten yang bagus, baik oleh mereka yang amatir maupun yang berprofesi sebagai content creator.

Desain body seperti kelas premium ditambah harganya yang terjangkau, membuat Infinix Smart 8 Pro dapat bersaing dengan smartphone-smartphone lain di level yang sama, bahkan segmen kelas atas sekalipun.

Mengenai ketersediannya, Infinix Smart 8 Pro sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga sekitar Rp1,3 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here